Sungai Cikeruh Sering Meluap

Peliput/Editor: IMAN NURMAN/SUMEKS

Sungai Cikeruh Sering Meluap

BANGUN BETONISASI: Kades Mekargalih Dadan Jamaludin ikut membantu pembangunan jalan desa dengan cara betonisasi, kemarin.

Pemdes Mekargalih Lakukan Betonisasi

SUMEDANG – Antisipasi meluapnya Sungai Cikeruh, Pemerintah Desa Mekargalih melakukan betonisasi jalan desa. Selain itu, dilakukan juga membenteng bantaran Sungai Cikeruh di Dusun Cigowok RW 12 desa setempat, kemarin (19/12).

Kepala Desa Mekargalih Dadan Jamaludin melalui Sekdes Siti menurutkan daerah rawan banjir di Mekargalih di antaranya di RT 2 RW 08, RT 02 RW 10 dan RW 12. Daerah-daerah itu, langganan banjir akibat meluapnya Sungai Cikeruh.

“Bantaran sungai kami benteng dan ditinggikan. Kemudian agar jalan desa tidak becek kami cor dengan sistem betonisasi sepanjang 750 meter,” katanya.

Anggaran itu, kata dia, berasal dari Dana Desa (DD) tahun 2017. Selain itu, banyak program-program lain yang dijalankan pemerintah desa.

Siti berharap, masyarakat bisa menikmati dan merasakan manfaat bantuan DD dari pemerintah pusat. Termasuk adanya mesin penyedot air untuk mengantisipasi banjir masuk ke rumah warga.

“Mesin penyedot air kita beli dan sudah dirasakan manfaatnya oleh warga. Kemudian untuk menambah semangat kerja, Babhinsa dan Bhinmas kami berikan sepatu boot dan jas hujan,” jelasnya.

Salah seorang warga Agus, sangat berterima kasih kepada Pemerintah Desa Mekargalih yang telah merealisasikan program DD. Sehingga masyarakat bisa merasakan langsung manfaatnya.

“Ke depan semoga Pak kades bisa nyalon lagi agar program desa terealisasi dengan baik. Bukan kades yang dulu tidak merealisasikan tapi kades sekarang lebih dirasa manfaatnya oleh warga,” tandasnya. (imn)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.