Tagana Siaga di Cimanintin

Tagana Siaga di Cimanintin

MEMANTAU: Anggota Tagana Sumedang saat melakukan peninjauan lokasi pergerakan tanah dengan warga, belum lama ini. FOTO ISTIMEWA

PEWARTA: Atep Bimo

KOTA – Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Sumedang, hingga saat ini masih siaga di lokasi bencana alam, Desa Cimanintin Kecamatan Jatinunggal. Setiap 10 hari, anggota Tagana Sumedang bergiliran melakukan penjagaan di lokasi bencana.

Ketua Dewan Penasehat Tagana Jabar Dedi Turjana Suradipraja mengatakan, jumlah rumah rusak sebanyak 58 unit, satu bangunan umum, satu bangunan usaha serta satu tempat ibadah.

“Jumlah kepala keluarga yang mengungsi sebanyak 69 KK, dengan jumlah jiwa sebanyak 169 orang,” ujar Dedi kepada wartawan, kemarin.

Dikatakan Dedi, Tagana Sumedang telah melakukan berbagai upaya dalam membantu korban bencana di Cimanintin. Antara lain, berkoordinasi dengan Dinas Sosial Sumedang, Camat Jatinunggal, aparat Desa, unsur TNI/Polri, karang taruna dan unsur masyarakat. Kedua, melalukan evakuasi pada masyarakat yang rumahnya terdampak. Ketiga, siaga di Posko Cimanintin bersama unsur masyarakat, desa, kecamatan, Dinas Kesehatan, karang taruna dan unsur TNI/Polri.

Pihaknya juga memberikan layanan psikososial bagi para pegungsi. “Sementara untuk kebutuhan makan pengungsi, Tagana membuka dapur umum mandiri,” jelasnya.

Rencananya, kata Dedi, Tagana akan berada di Desa Cimanintin hingga semuanya selesai. Atau, masyarakat korban bencana di relokasi maupun diberikan hunian sementara.

“Keberadaan kami, minimal memberikan rasa aman dan nyaman kepada para korban. Mereka merasa ada yang menemani dalam keadaan bencana,” tegasnya.

Berikut daftar tempat pengungsian warga Dusun Babakan Sawah RT 03/RW 1 Desa Cimanintin Kecamatan Jatununggal.

1.Ke Dusun Pasir Hanja Desa Mekarwangi Kecamatan Lemah Sugih Majalengka sebanyak 1 KK atas nama Tarsinah 1 KK 1 Jiwa ( warga RT 03 RW 01).

2. Ke Desa Jatihurip Kecamatan Sumedang Utara Sumedang sebanyak 1 KK terdiri dari 2 jiwa atas nama keluarga Juhro.

3. Ke Desa Kirisik Kecamatan Jatinunggal sebanyak 1 KK terdiri dari 3 jiwa atas nama keluarha Encep Budianto.

4. Ke Dusun Cipeuteuy Desa Cimanintin 1 KK terdiri dari 2 jiwa atas nama keluarha Wikardi.

5. Ke Dusun Ciwaru Desa Cimanintin 1 KK terdiri dari 2 jiwa atas nama keluarga Kasminah.

6. Untuk para penyintas/korban mengungsi di sekitar wilayah Desa Cimanintin yaitu ke :

– Gor Desa 43 KK terdiri dari 112 Jiwa

– Ditenda Dusun Legok Randu 21 KK terdiri dari 47 jiwa. (atp)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.