Tak Mampu Dipasang Stiker

**Sejumlah Warga Kembalikan Bantuan

SITURAJA – Sejumlah rumah warga di Desa Ambit Kecamatan Situraja, mulai dtempel stiker. Stiker itu, bertuliskan “saya benar-benar keluarga miskin yang layak menerima bantuan”.

Penempelan ini, mulai dilakukan setelah camat Situraja beserta kepala Desa Ambit dan Babinsa, melakukan sosialisasi terkait warga yang tidak mampu akan diberikan tanda berupa stiker. Hal itu, merupakan upaya pemerintah desa dan kecamatan untuk mendata mana warga yang berhak dan yang tidak berhak.

Pasalnya, seringkali ditemukan bantuan yang dikucurkan pemerintah tidak menyentuh kepada yang berhak. “Sambil kita survei, sambil kita lakukan pemasangan stiker. Setidaknya warga yang mampu dan menerima bantuan akan merasa malu jika rumahnya ditempel stiker tersebut,” kata Camat Situraja Sutisna didampingi Kades Ambit Aa Suharyana, kemarin (12/3).

Dengan upaya tersebut, sudah ada beberapa keluarga yang mengembalikan bantuannya melalui surat pernyataan, karena dirinya sudah merasa mampu. “Sudah ada beberapa keluarga penerima bantuan yang menyatakan dirinya sudah mampu,” ujarnya.

Dengan begitu, jatah bantuan yang diterima warga, dapat dialihkan kepada yang berhak. Dalam hal ini, orang yang sudah bijak untuk mengakui dirinya sudah mampu dan tidak memerlukan bantuan itu lagi, secara tidak langsung sudah membantu warga lainnya yang membutuhkan.

“Kami sangat mengapresiasi terhadap orang yang sudah berani mengaku dirinya mampu,” tukasnya. (eri)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.