oleh

Tak Semua Beri Izin Pembangunan

SUMEDANG – Warga Dusun Andir Desa Rancamulya Kecamatan Sumedang Utara, berharap pihak pengembang perumahan Rancamulya Residence, mengambil langkah kongkrit agar tidak terjadi lagi longsor disposal. Apalagi, ketika terjadi longsor yang ketiga kalinya, lumpur disposal masuk ke pemukiman warga.

“Kami minta harus ada langkah signifikan lah dari pihak PT. Jangan sampai kejadian (longsor disposal) ini terulang lagi,” kata Ketua RT 04, Dadang Gunawan, Sabtu (28/22).

Diungkapan, pascalongsor, sejumlah tokoh masyarakat setempat sudah melakukan pertemuan dengan pihak pengembang. “Respon dari PT memang baik. Tapi kami minta ada upaya yang rill untuk penanggulangan masalah longsor ini,” harapnya.

Salah seorang perwakilan perusahaan, Ayat menuturkan, pihaknya sudah melakukan upaya penanggulangan pascakejadian longsor. Salahsatu upayanya, dengan memindahkan disposal yang berpotensi longsor, menggunakan alat berat beko.

“Kita sudah melakukan upaya penanggulangan dengan mengevektifkan saluran-saluran air yang ada. Ini kita juga bekerjasama dengan elemen masyarakat dan dinas terkait,” katanya.

Menurutnya, longsor terjadi akibat adanya limpahan air hujan dari kawasan perbukitan di atas perumahan yang menerjang disposal, sehingga terjadi longsor. Pihaknya, tidak memprediksi akan terjadi longsor. “Kami sudah perhitungkan sebelumnya. Longsor itu kan karena ada limpahan air bah dari area pegunungan, sehingga berimbas longsor,” tuturnya.

Salahseorang tokoh pemuda Dusun Andir, Hengki Hermawan mengatakan, warga sudah memprediksi akan terjadi longsor di lokasi pembangunan perumahan tersebut.  “Khususnya warga RT 03, kami tidak ikut-ikutan menandatangani izin pembangunan. Sebab kami sudah prediksi akan terjadi longsor,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, disposal Rancamulya Residence tumpah ke jalan beberapa waktu lalu. Selain menutup ruas jalan Sumedang-Wado, lumpur juga masuk ke pemukiman warga. Bahkan puluhan pengendara motor yang nekat menerobos gundukan lumpur sempat terjatuh. (cr1)

Baca Juga  Pengembang Dituding Biang Kerok Penyebab Banjir Lumpur di Desa Rancamulya, Sumedang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed