Tanah Wakap Dijadikan Tempat Komersil

TANJUNGSARI – Warga Desa Margajaya, Kecamatan Tanjungsari, menolak pembangunan tower menara telekomunikasi (BTS) Telkomsel. Penolakan, didasari karena tanah tersebut merupakan tanah wakap.
Selain itu, tanah tersebut digunakan untuk pembangunan sosial, salah satunya untuk pembangunan puskesmas pembantu (Pustu). Bahkan penolakan yang dilakukan sebagian masyarakat, sudah dibuatkan berita acara melalui musyawarah penyelesaian sengketa.

Seperti dikatakan salah seorang warga setempat, Rohmat Sutia (54), pihaknya melakukan penolakan bukan tidak ada dasar. Lahan yang digunakan untuk pembangunan tower itu, awalnya bukan untuk dikomersilkan, tetapi untuk penggunaan pembangunan sosial.

“Kenapa sekarang digunakan untuk kepentingan komersil. Jelas itu tidak sesuai dengan peruntukanya karena sebelumnya pemilik lahan itu mewakapkan tanahnya bukan untuk dikomersilkan,” terang Sutia kepada Sumeks, kemarin (6/7). Jika melihat berita acara hasil musyawarah sebelumnya, pihak tower dan masyarakat yang disaksikan pemerintahan mulai dari tingkat desa, kecamatan, koramil, dan kepolisian, kedua belah pihak sudah sepakat pembangunan tower BTS Telkomsel ditutup.

“Artinya semua kegiatan pengerjaan tower dihentikan yang ditandatangani pada tanggal 5 Mei 2017. Tetapi kenapa sekarang kok ada pengerjaan lagi tentunya kami sangat keberatan,” tegasnya. Warga semakin resah karena lahan yang dipakai menggunakan tanah wakap dan warga sudah sepakat menolak rencana pendirian tower.

Sementara itu Camat Tanjungsari, Suherman, mengakui kalau sebelumnya pihak kecamatan sudah mengetahui bahwa pengerjaaan pembangunan tower sedianya berhenti. “Itupun sesuai kesepakatan bersama. Hanya saja sekarang warga kembali ada penolakan pembangunan, karena kembali ada aktivitas,” ucapnya.

Meskipun demikian, kata Herman, pihaknya tidak bisa berbuat banyak karena pengerjaan tower itu mungkin saja izinya sudah lengkap sebelum ada penolakan. “Izin yang dimaksud adalah dari kabupaten, sehingga mereka kembali melakukan aktivitas pembangunan tower BTS,” tuturnya. (kos)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.