Tanjakan Kadongdong Mulai Diperbaiki

CONGGEANG – Tanjakan Kadongdong di jalur kabupaten penghubung antara Kecamatan Conggeang dan Ujungjaya, mulai diperbaiki. Perbaikan ruas jalan di Desa Cacaban Kecamatan Conggeang tersebut, dilakukan dengan cara rabat beton. Pantauan Sumeks, peningkatan kapasitas jalan di kawasan Tanjakan Kadongdong mulai dilakukan dari arah Ujungjaya terlebih dahulu. Pembetonan dilaksanakan satu ruas, sementara satu ruas lagi digunakan untuk lalu lintas kendaraan dari kedua arah dengan pengaturan dilakukan warga setempat.

“Kegiatan peningkatan kapasitas jalan Kabupaten Conggeang-Ujungjaya dilaksanakan selama 150 hari kerja. Terhitung mulai tanggal 31 Mei 2017 hingga 27 Oktober 2017,” ujar seorang pengawas pekerjaan jalan Pepen, Minggu (30/7).

Menurutnya, peningkatan ruas jalan Conggeang-Ujungjaya di kawasan ini menghabiskan dana sekitar Rp 1.370.066.000. Perbaikan jalan dilakukan sepanjang 380 meter dengan lebar jalan lima meter setinggi 25 centimeter. “Kegiatan peningkatan ruas jalan sudah mulai mendekati Tanjakan Kadongdong. Perbaikan juga dilakukan satu ruas-satu ruas,” terangya.

Terpisah seorang warga setempat, Gultom mengapresiasi perbaikan jalan di wilayah Tanjakan Kadongdong. Menurutnya, wilayah ini selain mengalami kerusakan parah turunannya pun terhitung sangat tajam.
“Apabila setelah diperbaiki diharapkan tidak ada lagi kecelakaan ataupun mobil ngosod di sini,” tandasnya.

Gultom menyebutkan, tepat di Tanjakan Kadongdong alangkah baiknya juga dibangun tembok penahan tebing (TPT) di kanan kiri jalan. Tentunya agar jalan stabil dan tidak mengalami pergeseran karena tekstur tanah di wilayah itu sangat labil. “Selain itu, TPT juga akan menjadi batas jalan ketika mobil datang dari dua arah. Jalur ini juga sering menjadi jalur alternatif saat jalur Nasional Cirebon-Bandung terdapat gangguan,” ujarnya.

Sebelumnya, wilayah Tanjakan Kadongdong merupakan ruas jalan yang mengalami kerusakan terparah di jalur kabupaten ruas Conggeang-Ujungjaya. Bahkan, saat musim hujan anak-anak sekolah harus turun dari motor saat melalui kawasan itu. Tidak jarang, kecelakaan juga sering terjadi di wilayah Tanjakan Kadongdong. (atp)

Ikuti Kami di Sosial Media:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.