Teater Wani Tampil di Rumentang

Teater Wani Tampil di Rumentang

MEMUKAU: Siswa siswi dari Teater Wani SMA PGRI Parakanmuncang tampil dalam Festival Drama Musikal di GK Rumentangsiang, kemarin.

PEWARTA: IST

Pada Festival Drama Musikal Jabar

SUMEDANG – Mewakili Sumedang, Teater Wani SMA PGRI Parakanmuncang Kecamatan Cimanggung tampil dalam Festival Drama Musikal (FDM) antar pelajar SMA se Jawa Barat. Gelaran itu dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat di Gedung Kesenian Rumentangsiang Bandung, Senin (12/11) lalu.

Panitia Acara dari Teater Bel Bandung, Koni mengatakan acara itu agenda rutinan Disbudpar Provinsi Jabar. Dilakukan dalam rangka memelihara kesenian teater yang temanya diangkat cerita dari Jawa Barat. Ini, kata dia, merupakan tahun kelima dari berbagai rangkaian acara.

“FDM ini lebih menekankan bermain peran dan nyanyian. Ada lima tema yang diangkat yang harus dipilih peserta,” kata Koni, kemarin.

Menurutnya, peserta sendiri ada 25 grup teater dari enam kabupaten di Jawa Barat. Nantinya, acara akan digelar selama sembilan hari dan ditutup dengan pembagian hadiah dan pengumuman pemenang.

“Rencananya mau dibuka Gubernur namun yang datang Kadis Budpar Provinsi. Rencananya pembagian hadiah akan dihadiri Wagub Jabar,” katanya.

Terpisah, Kepala Balai Pengelolaan Taman Budaya Provinsi Jawa Barat Denny Yusuf mengatakan acara itu sebagai wadah bagi generasi muda untuk mengespresikan kemampuannya dalam bidang seni teater. Juga, sebagai bentuk melestarikan budaya bertutur sebagai bagian dari produk budaya bukan benda. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong tumbuhnya tradisi kreatif dan kolektif sebagai wujud pembangunan karakter generasi muda di Jabar.

“Selain itu, juga mengenalkan budaya dan legenda di Jawa Barat lewat pementasan peran. Dengan begitu, anak anak menjadi tahu legenda atau kisah di Jabar,” tandasnya.

Kepala SMA PGRI Parakanmuncang Ellyna Herlina yang turut hadir dalam pementasan itu mengaku cukup terharu dengan pementasan anak didiknya. Sebab, selama berhari hari latihan tampil di depan Kepala Dinas Budpar dan Kepala Taman Budaya Jabar serta tamu kehormatan lainnya.

“Ini sebuah prestasi dan kebanggaan kami bisa mewakili Kabupaten Sumedang dalam festival drama musikal tingkat Provinsi Jawa Barat. Pertunjukkan yang dibuka perdana oleh Teater Wani merupakan penghormatan bagi kami,” katanya.

Ellyna didampingi guru guru itu memberikan apresiasi yang lebih kepada anak didiknya. Terutama, motivasi dan support.

“Ini merupakan bagian dari pembelajaran dan membangun karakter peserta didik. Program-program Pemerintah Provinsi Jawa Barat turut kami lakukan untuk mendukung proses pendidikan,” katanya.

Ellyna mengucapkan banyak terimakasih kepada tim Teater Wani berikut guru pembimbing dan guru-guru yang ikut dalam pertunjukan itu. Kedepan, katanya, acara acara seperti itu memang wajib dikembangkan guna melatih tutur kata dan seni bertutur diantara siswa. (imn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.