oleh

Tekan Urbanisasi, Desa Diharap Kreatif

SITURAJA – Guna meminimalisir urbanisasi atau eksodus warga daerah ke kota untuk mencari pekerjaan, pemerintah desa diharapkan dapat kreatif dalam mendorong pergerakan di berbagai sektor usaha. Gelontoran anggaran dana bantuan baik dari pusat maupun dari pemerintah daerah, memungkinkan menciptakan peluang usaha.

Maka, Pemerintah desa harus bersaing meningkatkan daya dukung daerahnya terhadap sektor pertanian, jasa, perdagangan dan parawisata yang memanfaatkan potensi lokal. Dengan demikian, jika kemauan kuat itu terealisasi, tentunya akan menciptakan lapangan kerja di daerah.

“Angka urbanisasi selalu naik. Hal ini bisa diantisipasi jika peluang usaha tercipta di desa,” ujar Camat Situraja, Sutisna, Kamis (20/2).

Sutisna menyebutkan, Pemerintah Kecamatan Situraja sebenarnya sudah membuka peluang untuk mengembangkan kegiatan usaha. Salahsatu contoh, membuat sentral UMKM di betulan Jalan Raya Umar Wirahadikusumah, Blok Cipadung Desa Situraja.

“Harapannya, sektor-sektor usaha di masing-masing desa bisa bergerak dan ditampung serta dipasarkan di outlet yang dibangun di sentra UMKM itu,” kata Sutisna.

Camat menambahkan, pemerintah desa juga, harus bisa memanfaatkan keberadaan Bumdes untuk mendongkrak kegiatan usaha. Upaya ini, diyakini bisa membuka ruang usaha, sehingga warga desa tidak berangkat ke kota untuk mencari pekerjaan. “Bumdes sekarang anggarannya kan lumayan besar. Galilah potensi usahanya. Semua elemen harus saling mendukung,” ujar dia.

Sutisna mengatakan, meski di pedesaan, saat ini banyak warga yang kreatif ditambah dengan didukung kemudahan informasi dan komunikasi yang bisa diakses langsung. “Tinggal kemauan yang kuat saja. Banyak peluang usaha yang bisa digali di desa,” ucapnya. (eri)

Baca Juga  Sonia Didukung 17 DPAC

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed