Terganggu, Warga Bakom Tutup Paksa Clusher

CISITU – Ratusan Warga Dusun Bakom, Desa Linggajaya, Kecamatan Cisitu, melakukan aksi demo di salah satu aktivitas clusher, Selasa (7/6). Mereka kecewa dengan keberadaan Clusher di betulan tanjakan Pasir Ingkik, karena mengganggu terhadap kenyaman. Mereka pun memblokir jalan menuju Clusher, dengan cara membakar ban bekas.

Warga Dusun Bakom, Iyat, menegaskan bahwa keberadaan Clusher itu sangat mengganggu terhadap kenyamanan dan kesehatan warga. Selain bising, aktivitas Clusher itu menyebabkan banyak debu dari peroduksi batu ke pemukiman warga.

“Saya merasa terganggu dengan adanya Clusher itu, karena sangat berisik dan debunya juga kadang mengganggu terhadap pernapasan. Saya khawatir dengan kondisi anak-anak, selain itu juga mengakibatkan gatal-gatal,” kata dia di lokasi demo, kemarin.

Lanjutnya, keberadaan Clusher itu tanpa persetujuan dari masyarakat. Adapun sempat terjadi sosilaisasi dengan masyarakat, tapi pembangunan itu bukan untuk Clusher, tapi untuk pembangunan jalan yang menembus dari Pasir Ingkik ke Gunung Julang.

“Dulu kan janjinya bukan untuk Clusher, tapi untuk menembus jalan dari Pasir Ingkik ke Gunung Julang,” kata dia.

Tokoh masyarakat Desa Linggajaya, Agus, menyebutkan, pertambangan batu atau produksi batu itu, sangat merugikan masyarakat. Dalam hal ini, pertambangan yang sudah berjalan sekitar satu tahun setengah itu, jadi pertanyaan warga karena tidak merasa mengizinkan, namun kenapa bisa keluar surat izin dari pihak birokrasi.

“Birokrasi juga harus tegas, kenapa bisa membuat perizinan semudah ini, sedangkan masyarakat tidak
dibawa-bawa,” tegasnya.

Sementara itu pihak pengusaha atau pemilik Clusher tersebut, tidak ada di tempat. Hal itu, membuat warga semakin geram. Padahal warga menginginkan ada keputusan hari itu juga namun pihak pengusaha menjanjikan pada Kamis (9/6) besok.

“Kami mau ada keputusan hari ini juga, jangan ditunda-tunda lagi,” seru warga. (eri)

Ikuti Kami di Sosial Media:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.