Senin, 3 Agustus 2020

Sumedang Ekspres

Bacaan Utama Warga Sumedang

Teroris Ditangkap di Cileunyi, Humas Polda: Belum Ada Laporan

JATINANGOR – Warga Jatinangor, digegerkan dengan kabar penangkapan terduga teroris warga Desa Cipacing. Betapa tidak, Cipacing selau dikait-kaitkan dengan perakitan senjata api, yang kerap digunakan teroris. Namun, kabar tersebut dibantah Kasi Trantib Desa Cipacing, Agus Supriatna.

Menurutnya, memang benar ada penangkapan terduga teroris, namun bukan di wilayah Cipacing. Melainkan di perbatasan Kabupaten Sumedang dan Bandung, tepatnya di daerah Konteneur Pasir Tukul, Desa Cileunyi Kabupaten Bandung.

”Informasi tersebut tidak benar, kami tegaskan tidak ada warga Cipacing yang ditangkap. Bahkan untuk mengecek kebenaran tersebut, kami langsung menanyakan kepada warga,” ujar Kasi Trantib Desa Cipacing, Agus Supriatna saat dihubungi Sumeks, Selasa (19/01).

Menurutnya, informasi tersebut meresahkan warga. Mereka sangat ketakutan dengan beredarnya isu tersebut. ”Banyak warga yang menanyakan kepada kami kebenaran kabar itu, mereka merasa takut apabila penangkapan tersebut benar terjadi apalagi bila sampai menimpa keluarga mereka,” katanya.

Mengutip pembicaraan dirinya dengan warga lain, bahwa pada Senin (18/1) petang, di salah satu rumah wilayah tersebut, telah ditangkap yang diduga teroris. “Informasi yang beredar ditengah warga, tepatnya sekitar bada Magrib, banyak anggota kepolisian yang berjaga di sana. Kebetulan wilayah tersebut berbatasan dengan Desa Cipacing, jadi segala aktivitas di sana diketahui warga Cipacing. Apalagi kemarin karena banyak aparat kepolisian, otomatis warga bertanya-tanya,” tuturnya.

Ia menambahkan, untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan kesejumlah lingkungan warga. “Kami mengingatkan kepada warga, apabila menemui aktivitas yang mencurigakan bisa langsung menghubungi kasi trantib,” ucapnya.

Dikonfirmasi kabar penangkapan terduga teroris DN oleh Densus 88 Antiteror di Cipacing, Kabid Humas Polda Jabar, Sulistyo Pudjo Hartono mengaku pihaknya tidak mengetahui hal tersebut. Dia beralasan, pihaknya hingga Senin malam, tidak menerima laporan mengenai penangkapan itu.

“Saya belum terima laporan mengenai adanya penangkapan terduga teroris di Cipacing. Nanti saya akan mencari tahu terlebih dahulu,” ungkap Pudjo melalui selulernya, kemarin. (cr9