oleh

Tiap Puskemas Dilengkapi Tenaga Surveilans

KOTA – Seluruh puskesmas di wilayah Kabupaten Sumedang, kini telah dilengkapi dengan tenaga surveilans. Adanya tenaga Surveilans ini, akan memudahkan bagi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang, untuk mengetahui perkembangan penyakit yang terjadi di wilayah Kabupaten Sumedang.

Hal itu, disampaikan Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) Dinkes Sumedang, dr Reny K Anton. Menurutnya, tenaga surveilans ini tugasnya mengamati dan mengumpulkan data terkait penyakit yang ada di wilayah kerjanya. “Setiap seminggu sekali tepatnya setiap hari Selasa, mereka (tenaga surveilans, red) diwajibkan melaporkan hasil pengamatannya,” terang Reny, baru-baru ini.

Dikatakan, dengan adanya laporan yang masuk secara continue dari setiap puskesmas, maka dipastikan datapun akan akurat. Serta, memudahkan Dinkes Sumedang, untuk mengambil tindakan. “Adanya tenaga surveilans ini, memang sangat membantu kami dalam hal data penyakit yang sedang berkembang,” tandasnya.

Sebagai gambaran, lanjut Reny, kenapa penemuan kasus DBD pada Tahun 2019 meningkat secara signifikan. Salahsatunya, sistem pelaporan dari setiap puskesmas yang sudah baik. Diakuinya, dengan jumlah kasus yang sedikit itu bukan berarti bagus, justru mungkin saja karena sistem pelaporannya yang jelek.

“Yang jelas dengan adanya tenaga surveilans ini akan memudahkan kami dalam melakukan tindakan pengobatan dan pencegahan atas kasus penyakit yang terjadi,” pungkasnya. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

  1. Banyak orang yang telah meraih puluhan juta rupiah hanya dengan bermain game di dupa88,net sekarang saatnya giliran kamu untuk seperti mereka kunjungi situsnya dan bergabunglah sekarang juga

News Feed