oleh

Tingkatkan Disiplin Budaya Hidup Bersih

TANJUNGSARI – Tumpukan sampah yang terlihat berserakan di sepanjang jalan Desa Pasigaran dibersihkan warga dengan melibatkan semua unsur diantaranya RT, RW, BPD, LPM, Linmas, Perangkat desa dan tokoh masyarakat dengan jumlah personil sekitar 200 orang.

Seperti dikatakan Penjabat Desa Pasigaran, Kecamatan Tanjungsari Ma’mun masyarakat bisa merasakan manfaat dari kegiatan operasi bersih (opsih) sampah-sampah yang ada di sepanjang jalan tersebut.

Selain memungut sampah yang ada, juga membabat pohon yang terlihat kumuh jika terus dibiarkan. Beberapa peralatan berkebun diturunkan. Mulai dari golok, parang, sapu, cangkul dan tempat sampah.

Aksi opsih dan gerakan peduli lingkungan yang dilakukan oleh jajaran pemerintahan desa yang melibatkan unsur masyarakat itu tentunya bisa dijadikan contoh bagi yang lainya khususnya yang ada dilingkungan pemerintahan desa.

Aksi kebersihan ini dipimpin langsung oleh Penjabat Desa Pasigaran, Ma’mun dengan tujuan untuk menjaga kebersihan di beberapa titik.

“Dengan opsih ini salah satunya adalah mengefektifkan optimalisasi sampah dengan cara memilah antara sampah organik dan sampah non-organik,” terang Ma’mun kepada Sumeks, kemarin.

Namun tujuan utama yang ingin dicapai adalah menumbuhkan kebiasaan hidup sehat dengan teladan dari para stap. Sebab keteladan jauh lebih mengena dari sekedar memerintah.

“Tentunya kegiatan yang sama juga sebaiknya dilaksanakan di tiap RT dan RW serta intansi lainya di sekitar desa,” paparnya. (kos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed