TNI Kirim Kapal Perang untuk Atasi Asap

Peliput/Editor: iqbal/iman nurman

TNI Kirim Kapal Perang untuk Atasi Asap

WAWANCARA: Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, saat diwawancara wartawan di Kampus Unpad, kemarin. (MUHAMAD IQBAL/JATEKS)

Previous Next

JATINANGOR-Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Jendral Gatot Nurmantyo, mengatakan, pihaknya telah melakukan penanganan kabut asap yang selama ini mengepung sejumlah daerah di Nusantara dengan menyiagakan kapal perangnya.

“TNI sudah menyiagakan dan mengirimkan kapal perang yang memuat rumah sakit lapangan, dapur lapangan, alat-alat kesehatan dan dokter-dokter,” ujarnya usai kegiatan kuliah umum tentang wawasan kebangsaan dan keamanan nasional, di Gedung Bale Sawala Kampus Unpad Jatinangor, Senin (26/10).

Kapal perang tersebut, kata dia, ditempatkan di Kalimantan Tengah dan Riau Sumatera Selatan. “Tetapi penempatan lebih detilnya tergantung menteri kesehatan dan menteri sosial,” ujarnya lagi.

Sejauh ini, kata dia, pasukan TNI yang sudah diturunkan yang bukan dari wilayah masing-masing berjumlah 4250 personil.

Pantauan Jateks di lokasi kegiatan, 600 lebih mahasiswa berbagai jurusan di kampus itu mengkuti kuliah umum dengan tema Memahami Ancaman, Menyadari Jati Diri, Modal Membangun Menuju Indonesia Emas tersebut.

Gatot menekankan agar setiap warga negara memahami bahwa menyadari ancaman itu penting agar dapat melakukan tindakan antisipasi-antisipasi sejak dini.

Gatot melanjutkan, seluruh elemen bangsa harus bersatu dalam menjaga keamanan. “Baik di dalam konteks pembinaan sumber daya maupun penyiapan kekuatan dalam menghadapi segala bentuk ancaman,” katanya.

Apalagi, ancaman saat ini yang paling nyata, menurut Gatot, adalah radikalisme. Yang terus-menerus akan berkembang, serta mengancam keutuhan bangsa dan negara.

Sementara itu, Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad, memandang penting karena yang akan dijalankan harus memberikan emaslahatan bagi masyarakat, melihat tantangan, tidak mungkin Unpad berjalan sendiri. (iqi)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.