Sumedang Ekspres

Bacaan Utama Warga Sumedang

sumeks_image

TOL: Kondisi jalan Tol Cisumdawu kawasan Jatihurip, Sumedang Utara. Rencananya, dari ruas Cileunyi hingga Cimalaka, ditargetkan sudah beroperasi mulai Tahun 2021. USEP ADIWIHANDA/SUMEKS

Tol Cileunyi-Cimalaka Beroperasi 2021

96% Cisumdawu Berada di Sumedang

SUMEDANGEKSPRES.COM– Jalan Tol Cisumdawu dari ruas Cileunyi hingga Cimalaka, ditargetkan sudah beroperasi mulai Tahun 2021. Hal itu disampaikan pihak PT Cipta Karya Jabar Tol (CKJT) melaluk Direktur Tehnik PT CKJT, Bagus Medi di tengah tengah acara serah terima SDN Cijolang di Gedung Negara, Rabu (24/6) lalu.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan semua pelaksana di lapangan agar Tahun 2021 jalan Tol mulai Cileunyi hingga Cimalaka bisa operasinal,” ujar Bagus.

Dikatakan, dari panjang jalan Tol Cisumdawu sekitar 64 km, hampir 96% berada di wilayah Kabupaten Sumedang.

“Terus terang, kami saat ini telah menjadi bagian masyarakat Sumedang. Apalagi akan mengelola jalan tol ini dalam jangka waktu lama hingga tahun 2041,” tandasnya.

Bagus mengakui, dalam pelaksanaan pengelolaan jalan tol, pihaknya juga akan bersinergi dengan jajaran Pemkab Sumedang.

Menanggapi rencana tersebut, Bupati H Dony Ahmad Munir menyambutnya dengan baik. Pemkab Sumedang bukan hanya mendukung terhadap pembangunan jalan tol ini, tapi ikut melakukan akselerasi supaya cepat tuntas.

Dijelaskan, keberadaan Jalan Tol Cisumdawu selain bisa mempercepat akaes, juga diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Sumedang. “Tentunya kami akan jalin kerjasama denga pihak pengelola,” tukasnya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada pihak CKJT yang telah mendaftarkan kendaraan operasionalnya dengan Leter Sumedang. Hal ini, menurut bupati, sudah menunjukan adanya sinergitas yang baik antara pihak CKJT dengan Pemkab Sumedang.

“Biasanya kan perusahaan mendaftarkan kendaraan operasionalnya dengan Leter B. Ini CKJT memakai leter Z, tentunya patut kami syukuri karena pajaknya masuk ke Sumedang,” tandasnya. (atp)