Tolak Kampanye di Tempat Ibadah

JATINANGOR – Forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) se Kabupaten Sumedang mendeklarasikan diri menolak kampanye di tempat ibadah. Hal itu mereka tegaskan untuk menjaga kondusifitas jelang Pemilu 2019.

Di Kecamatan Jatinangor pelaksanaan deklarasi digelar usai salat dzuhur di Masjid Aljabar, Jatinangor, Kamis (7/3). Di Kecamatan Paseh, pelaksanaan deklarasi digelar di Masjid Al-Muthmainnah. Di Kecamatan Rancakalong pelaksanaan deklarasi digelar di Desa Nagarawangi. Di Kecamatan Ujungjaya pelaksanaan deklarasi digelar di Masjid Alfalah.

Sementara di Sumedang Selatan pelaksanaan Deklarasi digelar di Masjid Jami dan Majelis Ta’lim Al-Qomariah di Jalan Gunung Puyuh. Di Kecamatan Tanjungsari, pelaksanaan deklarasi digelar di Masjid Besar Tanjungsari. Kegiatan yang mengharapkan Pemilu Bersih dan sejuk juga dilaksanakan di Tanjungkerta dan sejumlah tempat lainnya.

Camat Jatinangor, Syarief Efendi Badar menyambut baik kegiatan tersebut dia mengajak masyarakat untuk menghindari berita bohong. “Kegiatan ini juga untuk menyiptakan kerukunan ummat beragama,” kata Syarief.

Senada dikatakan Kapolsek Jatinangor, Kompol Noorjamil dia mengungkapkan kegiatan itu memang dilaksanakan dalam rangka menjelang pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019, agar berjalan aman tertib damai dan sejuk.

”Deklarasi tersebut menolak segala bentuk hoaks yang berkembang di masyarakat, Medsos dan agar tidak terprovokasi dan antisipatif,” ucapnya.

Terpisah Kapolsek Cimanggung KOMPOL Kuswanto SH menyebutkan kegiatan deklarasi dimaksud merupakan sebuah komitmn dari seluruh elemen masyarakat untuk tidak menggunakan tempat ibadah sebagai ajang kampanye. Hal itu dikatakan Kapolsek saat menggelar deklarasi di Masjid Annajah Masjid Besar Cimanggung.

“Warga Cimanggung juga berkomitmen melaksanakan pemilu yang damai serta mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan golongan atau pribadi,” jelasnya.

Pihaknya mengimbau, warganya agar agar tidak mudah terpancing isu dan informasi hoax yang bisa memecah belah persatuan. ”Pelaksanaan deklarasi damai tersebut untuk menghindari berita hoax yang berkembang. Diharapkan masyarakat jangan sampai terprovokasi dengan beritanya,” pungkasnya. (ign)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.