oleh

TPS 3R Desa Sayang Diresmikan Bupati

JATINANGOR – Menumpuknya jumlah sampah di Jatinangor dan sulitnya mencari air bersih, menjadi alasan program Kotaku direalisasikan di RT 01 RW 06 Desa Sayang Kecamatan Jatinangor.

Dari 38 desa di tiga kecamatan yakni Jatinangor, Sumedang Selatan dan Sumedang utara, Desa Sayang Kecamatan Jatinangor terpilih sebagai tempat pembangunan Kotaku.

Pembangunan TPS 3R sendiri (Reduce, Resycle, dan Resue) diresmikan Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir didampingi Anggota DPRD Sumedang Asep Kurnia dan Dudi Supardi serta Muspika Jatinangor di tempat pengelolaan sampah Dusun Sayang RT 01 RW 06 Desa Sayang, kemarin.

Kades Sayang, Dodi Kurnaedi mengatakan ada tiga bidang yang dibangun dalam program Kotaku itu. Pertama pembangunan Sarana Air bersih dengan anggaran Rp100juta, dan Tempat Pengelolaan Sampah (TPS 3R) dengan menghabiskan dana Rp525 juta. Dengan rincian Sumber Dana BPM 495 juta, Swadaya masyarakat Rp30 jutaan.

“Alhamdulillah berkat kerja keras Kelompok swadaya masyarakat (KSM) Desa Sayang ini keinginan warga untuk membangun TPS bisa terlaksana, semoga masyarakat bisa benar-benar memanfaatkan TPS ini dengan baik,” katanya.

Sementara itu Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengapresiasi terbangunnya TPS 3R ini, dengan harapan bisa mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPA Cibeureum dan Cijeruk. Bentuk perhatian dari Pemkab sendiri akan menyumbangkan roda sampah dan mesin pencacah sampah.

“Ini anggaran dari pusat, Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Insya allah dari Pemkab sendiri akan menyumbang roda pengangkut sampah karena ini lokasinya masuk gang,” katanya.

Di tempat yang sama, Anggota DPRD Sumedang Asep Kurnia didampingi Dudi Supardi mengatakan dengan dibangunya Tempat Pembuangan Sampah 3R ini, dan 2 titik sarana air bersih diharapkan dapat mempercepat penanganan permukiman kumuh, dan mendukung program Sumedang Buludru.

“Gerakan 100-0-100”, yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak. Mari bersama wujudkan Jatinangor hade kasohor dan Cimanggung kapigandrung, kami dewan di dapil 5 siap mengawal program ini,” katanya.

Akur pun menambahkan, DPRD Sumedang komisi 1 bersama Bupati Sumedang menyumbang pembangunan masjid Al Huda di RW 03 Desa Sayang senilai Rp50 juta.

“Alhamdulillah kami sangat mengapresiasi sekali setiap program masyarakat, kami juga menyumbang bagi pembangunan masjid,” tandasnya. (imn)

IMAN NURMAN /SUMEKS
DIRESMIKAN BUPATI: Tempat pengelolaan sampah (TPS) 3R hasil program Kotaku di RW 06 Desa Sayang Kecamatan Jatinangor diresmikan Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir bersama anggota DPRD dapil 5, kemarin.




Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

  1. Banyak orang yang telah meraih puluhan juta rupiah hanya dengan bermain game di dupa88,net sekarang saatnya giliran kamu untuk seperti mereka kunjungi situsnya dan bergabunglah sekarang juga

News Feed