Tujuh Kepala SD Dipanggil Polisi **Disdik Mengaku Kecolongan

KOTA – Kasus dugaan penipuan yang menggegerkan instansi Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, berbuntut panjang. Tujuh kepala sekolah yang sekolahnya dibongkar dipanggil untuk dimintai keterangan oleh Satuan Reserse Kriminal Polres Sumedang, Senin (15/7).

Mereka adalah, Eli Cuhaeli Kepala SD Manangga, Rahmat Kepala SD Baginda 1, Ali Mumuh Kepala SD Baginda 2, Lilis Ruhiyati Kepala SD Darangdan, Heni Herawati Kepala SD Pasarean, Wiwin Winasih Kepala SD Tenjo Nagara dan Agus Setiana Kepala SD Sukamanah.

Pantauan Sumeks, Mereka satu persatu diperiksa di ruang Unit Idik IV Polres Sumedang, untuk menjalani serangkaian pemeriksaan. ”Kami belum bisa berkomentar, karena masih lidik,” kata Kasat Reskrim Polres Sumedang, AKP Dede Iskandar saat dikonfirmasi.

Ditemui secara terpisah, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Dian Sukmara membenarkan adanya pemanggilan ke tujuh kepala SD tersebut.

”Benar, hari ini mereka (kepala SD) sedang dipanggil ke Polres, untuk ditanyakan berbagai hal, terkait dengan kasus pembongkaran bangunan sekolah,” kata Dian pada Sumeks di kantornya.

Lebih lanjut Dian menyebutkan, pihaknya telah melimpahkan kasus tersebut ke pihak Kepolisian, untuk menyari tahu kronologis dan pelaku yang mengaku kontraktor dari PT Horison.

”Kami merasa sangat kecolongan dengan kejadian ini,” ujarnya.
Karena itu, kata Dian, tidak ada satu pun proyek pemerintah untuk rehabilitasi bangunan sekolah, yang alurnya seperti yang terjadi saat ini.

”APBN itu mesti ke dinas dulu. Setelah itu, barulah dinas yang menginformasikan ke sekolah, sesuai dengan Dapodik (Daftar Pokok Pendidikan). Kalau di Dapodik tidak memenuhi syarat, tentu tidak akan menerima bantuan,” ucapnya.

Dian menyebutkan, yang bertanggung jawab atas pembongkaran kelas itu orang yang mengaku kontraktor yang kini entah dimana keberadaannya.

”Makanya kita tunggu hasil penyelidikan pihak yang berwajib,” katanya. (nur)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.