oleh

Tumpukan Sampah Naik 100 Persen

KOTA – Tingkat konsumsi masyarakat Kabupaten Sumedang meningkat drastis saat Lebaran. Hal itu, terlihat dari meningkatnya volume sampah hingga 100 persen dibandingkan hari biasa atau sebelum bulan puasa.

Pada umumnya, membludaknya volume sampah berasal dari pasar tradisional dan rumah tangga di kawasan pemukiman penduduk. Jumlah volume pada hari biasa sebanyak 130 meter kubik, dan kini meningkat menjadi 260 meter kubik per hari.

“Pascalebaran kali ini, volume sampah naik dua kali lipat dibanding hari biasa,” kata Kepala Bidang Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman, Ayuh Hidayat saat dikonfirmasi ketika melakukan pengecekan di salah satu TPS, Minggu (2/7).

Menurut Ayuh, peningkatan volume sampah berasal dari seluruh pasar tradisional di Sumedang, serta sampah dari rumah tangga yang beraad di sekiatr TPS. Penumpukan terjadi, paling banyak ketika hari H dan H+2 di saat armada kebersihan sebagian ada yang libur.

“Paling banyak ketika peningkatan volume di hari H hingga dua hari kedepannya, sebab armada sebagian ada yang libur,“ ungkap Ayuh.

Selain itu, kendala teknis operasional juga menjadi salah satu penghambat pengangkutan. Sebab, ketika hari libur Lebaran, lalu-lintas berada di puncak kepadatan kendaraan, dan itu menjadi penghambat armada sampah untuk beroperasi.

“Kalau armada sampah kan tidak punya sirine seperti ambulance, jadi kalau macet ya sama saja seperti kendaraan pribadi, terjebak macet. Yang biasanya tiga rit menjadi satu rit karena terbatas waktu angkut dan lama di perjalanan,“ terangnya.

Namun armada sampah sudah mulai beroperasi dari hari Selasa (27/7), tapi tetap belum bekerja maksimal karena alasan teknis pengangkutan, terutama lalu lintas. “Jalan masuk ke TPS dan TPS-nya juga kan terkendala,“ kata Ayuh.

Memasuki hari masuk kerja, Ayuh optimis dalam waktu seminggu akan kembali normal. (her)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed