Tusuk Gigi Diselipkan di ATM

Peliput/Editor: Toha Hamdani/ dri

Tusuk Gigi Diselipkan di ATM

Tersangka Kuras Uang Korban

TANJUNGSARI – Aparat kepolisian dari Polsek Tanjungsari, berhasil membekuk kawanan pembobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Hanya saja, satu dari empat pelaku, lolos dari kejaran petugas. Yakni, Madroni. Sedangkan tiga pelaku lainnya, Syahrul warga Tangerang, Sopya Roni warga Lampung dan Ajwansyah warga Tangerang, kini mendekam di sel tahanan Mapolsek Tanjungsari.

Kapolsek Tanjungsari Kompol Kusdi Wibisono melalui Kanit Reskrim Ipda Bambang mengatakan, para pelaku ditangkap setelah melakukan aksinya di sebuah minimarket di wilayah Tanjungsari. “Setelah mereka beraksi, ada warga YANG melapor ATM-nya dikuras para pelaku, saat itu juga kami melakukan pengejaran,” ujar Bambang kepada wartawan di Mapolsek Tanjungsari, Senin (12/10).

Terang Bambang, kawan pembobol ATM ini berakasi pada Minggu (4/10) lalu. Ketiga pelaku, ditangkap di dua tempat berbeda. Yakni di Desa Tanjungsari dan Desa Jatisari. Sedangkan satu pelaku masih DPO. “Modus mereka berpura-pura memberikan pertolongan kepada korban yang kartu ATM-nya terselip dalam mesin ATM,” beber Bambang.

Sementara itu, pengakuan tersangka Syahrul, ia dan kawan-kawannya, beraksi dengan cara menyelipkan tusuk gigi di lubang kartu ATM, sebelum korban melakukan transaksi. Saat kartu ATM tidak bisa keluar, mereka berpura-pura menawarkan jasa untuk mengeluarkan kartu ATM tersebut.

Caranya, menanyakan nomor PIN kartu ATM milik korban. Setelah itu, korban disuruh menelpon layanan servis dari bank pembuat ATM tersebut. Sesaat korban menelpon, kartu ATM dikeluarkan dan diganti dengan kartu ATM serupa.

“Tusuk gigi dipasang biar kartu ATM orang yang mau ngambil duit gak bisa keluar. Lalu kita menawarkan jasa untuk mengeluarkan. Abis itu, kalau sudah tahu PIN-nya, kartu ATM kita ganti. Setelah korban pulang, kita langsung ambil uangnya,” kata dia.

Syahrul mengaku, ia bersama teman sekomplotannya sudah beraksi di tiga tempat berbeda, sebelum tertangkap di Tanjungsari. Yakni di Tangerang, Tasikmalaya dan Bandung.

Saat ini, ketiga pelaku harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Mereka pun dijerat Pasal 363 Jo 53 dengan ancaman pidana maksimal 7 tahun penjara. Sementara itu, Polsek Tanjungsari berhasil mengamankan barang bukti berupa uang tunai senilai Rp 5,7 juta, 35 kartu ATM dari berbagai bank, dan satu unit mobil avanza warna hitam berpelat nomor B 7506 XI. (cr9)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.