oleh

Upaya Rehabilitasi Gunung Geulis, Ribuan Pohon Ditanam

JATINANGOR – Upaya merehabilitasi Hutan Gunung Geulis pasca galian tanah, ribuan bibit pohon ditanam di di Blok Jati Desa Jatimukti Kecamatan Jatinangor atau kawasan Gunung Geulis, Jumat (24/1).

Acara yang digagas Polsek Jatinangor itu dibantu Brimob Polda Jabar itu mendapat antusias berbagai kalangan masyarakat mulai aktivis lingkungan, ormas, aparat pemerintah Kecamatan, Koramil, dan para pelajar SMA di Jatinangor.

Kapolsek Jatinangor Kompol Deni Ginanjar Solihin mengatakan acara penanaman pohon itu selain rehabilitasi lahan kritis paska galian juga Program Polri Peduli Penghijauan Dalam Rangka Mitigasi Penanggulangan Bencana.

“Alhamdulillah bantuan bibit pohon kurang lebih 1000 terdiri dari pohon buah buahan, tanaman keras ditanam dengan melibatkan unsur masyarakat,” katanya.

Kapolsek berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam aksi penanaman pohon itu. Termasuk Forum Komunikasi Petani Gunung Geulis yang merupakan petani sehari-hari beraktivitas di Gunung Geulis.

“Aksi penanaman itu jangan hanya ceremonial belaka, tetapi harus pemeliharaan, dan perawatan, pengawasan harus semua pihak. Karena yang paling sulit itu pengawasan dan pemeliharaan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Petani Gunung Geulis Saepudin yang juga Ketua Korwil Forum DAS Sumedang mengatakan jangan sampai acara ini hanya ceremonial belaka. Sebab kebanyakan hanya teori tapi aksi nyata minim.

Meski demikian Saepudin pun mengapresiasi kiprah Polri, TNI, Muspika, dan masyarakat lain yang terlibat dalam aksi ini. Terlebih dari Kantor cabang dinas kehutanan, SPTH Provinsi Jabar yang telah memberikan bibit pohon. Polsek Jatinangor dan Koramil Jatinangor.
Juga melibatkan anak anak sekolah SMA ormas PP, Manggala Garuda Putih, Cafe Gugels, Forum Das Korwil Sumedang, dan IPDN.

“Kedepan Forum DAS Citarum Korwil Sumedang akan menanam pohon juga. Pada intinya, kami tidak ingin hanya gembor gembor teori, tetapi aksi nyata di lapangan. Ini momen yang tepat karena memang sudah masuk musim penghujan,” tandasnya. (imn)

IMAN NURMAN /SUMEKS
PENANAMAN: Ratusan warga terlibat dalam penanaman pohon di Blok Jati bekas galian di wilayah Gunung Geulis, kemarin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed