Senin, 3 Agustus 2020

Sumedang Ekspres

Bacaan Utama Warga Sumedang

Wawancara: Sekretaris Desa Trunamenggala Abdul Haris saat ditemui Sumeks di ruangan kerjanya, kemarin. (Foto: Ahmad Sofa/Sumeks)

Utamakan JPS untuk Kebutuhan Pangan

SUMEDANGEKSPRES.COM – Warga penerima jaring pengaman sosial (JPS) Covid 19, diimbau menggunakan bantuan sebagai mana mestinya. Yakni, diutamakan untuk memenuhi kebutuhan pangan.

“Sesuai dengan alokasi anggaran, JPS Covid ini untuk memenuhi kebutuhan pangan. Sehingga, hindari pembelian yang sifatnya tersier atau kurang penting,” tegas Sekretaris Desa Trunamenggala Abdul Haris kepada Sumeks, kemarin.

Adapun bagi warga terkena dampak Covid yang belum terdaftar sebagai penerima, diharapkan bisa bersabar. Sebab, pihaknya turus memperjuangkan pengajuan data warga kepada pemerintah daerah, provinsi dan pusat.

“Kami akan terus berusaha agar warga yang belum mendapatkan JPS Covid 19 agar bisa teralokasi pada bantuan selanjutnya,” ujar Haris.

Dia pun meminta warga yang belum terdata, agar bisa mendatangi RT/RW untuk didata. “Jika memang layak mendapat bantuan, tentunya kami akan memperjuangkan. Untuk itu, dimohon untuk tidak menyudutkan pihak desa apalagi di media sosial,” tutur dia.

Haris pun membeberkan data rekap jaring pengaman sosial Covid. Di antaranya, bantuan sosial tunai (BST) Kementerian Sosial (Kemensos) data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) sebanyak 200 kepala keluarga (KK) yang disalurkan pada 22 Mei 2020. BST Kemesos non DTKS sebanyak 105 KK pada 28 Mei, Bantuan Provinsi (Banprov) DTKS sebanyak 44 KK, sapa warga 87 KK, JPS kabupaten 29 KK, BST Himbara (Himpunan bank negara) sebanyak 27 KK. Sedangkan BLT dana desa sebanyak 138 KK.

“Untuk tahap dua, kami baru melaksanakan BST kemesos DTKS Kemensos sebanyak 200 KK pada 5 Juni lalu. Sedangkan dari pos anggaran lainnya belum,” ujar Haris.

Sementara itu, terkait dana desa, sudah terserap sebesar 40 persen. Pengalokasian untuk tiga pembangunan dari total delapan pembangunan. Yakni, rabat beton di RW 01, pembangunan tembok penahan tanah (TPT) di RW 06 dan TPT RW 09.

“Selebihnya BLT dana desa serta penanganan pencegahan Covid,” pungkasnya. (ahm/red)