oleh

Wabah Penyakit Serang Ternak Warga

Dalam Tiga Minggu, Puluhan Ayam Mati

SUMEDANGEKSPRES.COM– Di masa pancaroba ini, penyakit mematikan pada unggas mulai mewabah. Setiap harinya, ada saja  ternak ayam milik masyarakat Dusun Cidunging Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja yang mati.

Dalam sepekan ini, puluhan ayam milik masyarakat sekitar, sudah mati karena penyakit. Namun, jenis penyakitnya belum diketahui. “Milik saya sudah ada 6 ekor ayam yang mati,” kata Dede, alah seorang warga sekitar, kemarin (21/6).

Dikatakan Dede, wabah penyakit yang menyerang ayam tersebut, sudah berlangsung kurang lebih tiga minggu. “Penyakit ayam ini sudah berlangsung tiga mingguan,” ujarnya.

Baca juga :

Ecek Sebut Erwan Dewa Penolong

Dia menjelaskan, sebelum ayamnya mati, tidak ada gejala yang dinilai parah. Ayam ternaknya, hanya terlihat murung dan kurang gairah. Namun selang beberapa jam, ayam tersebut sudah mati. “Sakitnya ayam tersebut tidak lama, bahkan tidak sakit parah dulu, tiba-tiba langsung mati,” jelasnya.

Meski demikian, warga tidak berani memotong ayam yang sudah terlihat murung. Sebab mereka, bisa memastikan bahwa ayam tersebut sudah terjangkit penyakit. “Kami tidak berani memotongnya, karena takut akan berdampak buruk bagi kesehatan kami,” ucapnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed