Wacana KPJ Tak Terdengar Lagi

Wacana KPJ Tak Terdengar Lagi

MINIM FASILITAS: Seorang mahasiswi melintas di jalan protokol di Jatinangor yang minim fasilitas umum, belum lama ini.

PEWARTA: IMAN NURMAN/SUMEKS

JATINANGOR – Wacana pembentukan Kawasan Perkotaan Jatinangor (KPJ) rupanya hanya sekedar isapan jempol belaka. Sebab, meski sudah jauh-jauh hari direncanakan bahkan sudah muncul Detail Enggenering Design (DED) nya, namun seakan lenyap ditelan bumi.

Tokoh masyarakat Jatinangor, Ismet Suparmat mengatakan hampir satu dasa warsa wacana Kawasan Perkotaan Jatinanangor (KPJ ) tak tedengar lagi. Bahkan seakan Pemkab Sumedang ‘alergi’ untuk memunculkan KPJ ini.

Sementara para penggagas terdahulu pun secara alami kondisinya sudah tidak muda lagi. Kini muncul aspirasi masyarakat yang mendapat respon dan dukungan positif dari stake holder di Jatinangor, yaitu merencanakan penataan lahan perkantoran di lahan eks perkebunan Jatinangor.

“Aspirasi ini muncul satu sama lain sebagai respon terhadap semakin banyaknya bangunan megah berupa apartemen dan hotel berbintang. Tentu saja didukung industri manufacture yang relatif tak didukung dengan perencanaan tata ruang yang baik,” katanya.

Dilihat dari perkembangan kondisi infrastruktur di Kecamatan Jatinangor kantor pemerintahan tingkat Kecamatan sudah tidak layak lagi baik secara the facto maupun the jure.

“Yang jadi pertanyaan apakah aspirasi masyarakat dan stakeholder di Jatinangor ini akan mendapat respons dan dukungan positif dari Pemkab Sumedang atau lenyap lagi seperti wacana Kawasan Perkotaan. Sementara pihak Pemprov Jawa Barat sendiri sebagai pemilik aset lahan sudah memberi sinyal positif,” katanya.

Ismet menambahkan, baru-baru ini Muspika Jatinangor dan para kepala desa dan unsur perguruan tinggi mengadakan pertemuan di gedung ITB Jatinangor. Pertemuan itu untuk membahas sekaligus mewujudkan aspirasi ini sekaligus untuk meningkatkan citra pemerintahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Konon dari unsur Bappeda Sumedang, Dinas PUPR, Dinas Rumknah dan Kabag Tata Pemerintahan pun diundang. Namun tak satu pun yang datang menghadiri acara itu,” tandasnya. (imn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.