Warga Ambit Terima Banyak Manfaat Program TMMD, Jembatan yang Diidamkan Segera Terwujud

Warga Ambit Terima Banyak Manfaat Program TMMD,  Jembatan yang Diidamkan Segera Terwujud

BERPERAN AKTIF: Kedes Ambit Kecamatan Situraja AA Rahma Suryana SE (ujung kanan) saat foto bareng pada acara pembukaan TMMD, baru-baru ini. (Heri purnama/sumeks)

Peliput/Editor: heri purnama/usep adhiwihanda

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) mendapat respon sangat baik dari warga Desa Ambit, Kecamatan Situraja. Betapa tidak, di wilayah yang awalnya minim pembangunan, kini mulai menata. Semangat warga pun semakin tergerak dengan kehadiran ratusan prajurit, yang turut membantu proses pembangunan di desa tersebut. Berikut liputannya.

SUASANA pagi hari kemarin, terlihat sangat cerah. Hembusan angin di musim kemarau, pun menjadi pelipur lara saat matahari mulai meninggi mendekati ubun-ubun. Sekitar 15 kilometer menunggangi kuda besi dari kantor Kecamatan Darmaraja ke Desa Ambit, pun menjadi tidak terasa berat, meski infrastruktur belum cukup baik.

Setibanya di desa yang dituju, kedatangan kami disambut hangat Kepala Desa Ambit AA Rahma Suryana SE. Mengetahui kedatangan wartawan, naluri sang kades pun langsung tertuju pada aktivitas ratusan anggota TNI yang sejak beberapa hari menginap di desa mereka.

Tak berlama-lama kami berbincang-bincang di kantor desa, dan langsung menuju lokasi TMMD.
Menurut pengakuan kades, adanya program tersebut, sangat membantu pembangunan desa yang manfaatnya segara nikmati masyarakat Desa Ambit, khususnya dan dan masyarakat Situraja pada umumnya. Salah satunya, pembangunan jembatan di Sungai Cicapar yang dikerjakan oleh 131 anggota TNI, dan dibantu warga. Dalam beberapa hari kedepan, jembatan itu pun sudah bisa dinikmati.

Kades juga memaparkan, bahwa banyak manfaat yang didapatkan masyarakat desa dari program TMMD. Selain terwujudnya cita-cita masyarakat membangun jembatan, mereka juga mendapatkan wawasan lebih luas dengan diadakannya penyuluhan di dua dusun di desa tersebut. “Saya sangat bersyukur untuk program TMMD ini, banyak sekali manfaat yang diterima masyarakat,” tutur dia.

Selain itu, adanya TNI yang tinggal di rumah warga kelas menengah ke bawah, warga pun ikut terbantu dari segi ekonomi, Sebab, penghuni juga bisa ikut makan dari uang makan prajurit.
“Masyarakat yang rumahnya didiami oleh TNI jadi ikut terbantu, sebab jatah uang makan diberikan kepada pemilik rumah, untuk biaya masak,” kata dia.

Program ini pun turut membantu pengadaan bantuan air bersih, terlebih saat ini warga sedang kesulitan air. Pengiriman air bersih dilakukan dua kali dalam sehari menggunakan mobil tanki.

“Pas kita di sini lagi kesulitan air bersih, beruntung ada TMMD jadi ada bantuan air bersih sehari dua kali, dan itu sangat membantu warga,” pungkasnya. (*)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.