Warga Bangbayang Terisolasi

Warga Bangbayang Terisolasi

ISTIMEWA/PEP PUTU ESA PUTUS: Jembatan penghubung Cicapar-Ambit yang dibangun beberapa waktu lalu, putus. Saat ini warga tidak bisa melintas lokasi tersebut, karena air cukup deras.

PEWARTA: Heri purnama

SITURAJA – Hujan deras yang mengguyur di berbagai wilayah Sumedang, Selasa (20/9) malam berdampak luas. Di wilayah Situraja misalnya, hujan deras mengakibatkan warga Desa Bangbayang terisolasi akibat adanya 3 titik longsor di akses jalan keluar masuk wilayah Desa Bangbayang.

Menurut Camat Situraja, Sutisna, bencana longsor yang terjadi di tiga titik tersebut terjadi pada Selasa (20/9) malam pada saat hujan deras. Tiga titik longsoran itu menutup badan jalan akses keluar masuk Bangbayang.

Ia mengatakan, material longsoran baru bisa dibersihkan oleh warga dengan manual. Sehingga sampai pukul 15.00 akses jalan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

“Untuk roda empat belum bisa lewat karena tanah longsoran masih ada dijalan. Warga juga belum bisa beraktifitas penuh,” kata Sutisna, saat dikonfirmasi Sumeks, Rabu (21/9) di Situraja.

Tak hanya itu, hujan deras juga berimbas terseretnya tanaman padi belasan hektar sawah di Desa Cijeler, Ambit dan Desa Situaraja Utara, akibat luapan arus Sungai Cicapar. Akibatnya petani di tiga desa tersebut mengalami kerugian cukup lumayan besar.

Lebih parahnya lagi, luapan Sungai Cicapar juga merobohkan jembatan Ambit, penghubung antar desa yang belum lama dibangun. Jalan menuju Jembatan itu jebol sehingga memutuskan lalu lintas warga antar desa. Diketahui jembatan itu akses penting bagi warga 6 desa untuk mempersingkat jarak jika hendak ke kantor kecamatan.

“Kita sudah melakukan pendataan akibat bencana ini. Seperti sawah, kebun milik warga yang terkena luapan sungai di 3 desa. Di prediksi kerugiannya lumayan cukup besar,” ujar Sutisna.

Ia mengakui adanya berbagai bencana itu belum bisa menangani secara maksimal. Sebab yang terdampak bencana menyebar dimana-mana.

“Kita hanya bisa menghimbau warga untuk berhati-hati, terutama warga Bangbayang yang wilayahnya rawan akan longsor,” sebutnya.(Eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.