Warga Idamkan Jalan Mulus

Peliput/Editor: Heri purnama

Warga Idamkan Jalan Mulus

PULANG SEKOLAH: Tiga anak SD saat pulang dari sekolah, mereka harus melintas jalan kabupaten yang ada di Desa Linggajaya. (HERI PURNAMA/SUMEKS)

CISITU – Sudah lama warga idamkan jalan kabupaten yang menghubungkan Desa Sundamekar dan Linggajaya, Kecamatan Cisitu itu dalam keadaan mulus. Jalan kabupaten tersebut sangat dibutuhkan oleh warga dua desa tersebut karena jalan tersebut adalah akses penting sebagai penunjang pendidikan, pertanian dan perkembangan ekonomi.

Salah satu warga Desa Linggajaya, Lilis menyebutkan bahwa jalan tersebut sudah sangat lama kondisinya rusak, dalam hal ini warga terhambat oleh kerusakan jalan yang sudah sangat parah.

“Jalan ini memang sudah cukup lama kondisinya rusak, belum ada perbaikan,” kata dia saat ditemui Sumeks, kemarin.

Warga setempat mengaku jalan tersebut memang sebagai akses penting untuk mereka beraktivitas seperti aktivitas berniaga, bertani dan aktivitas-aktivitas lainnya.
“Fungsi jalan ini memang sangat diperlukan warga, jadi kita mau jalan ini segera diperbaiki,” katanya lagi.

Dalam hal ini, warga berharap adanya pembenahan jalan agar warga dapat menikmati jalan mulus yang sudah lama di idamkan, rusaknya jalan juga menurunkan semangat warga untuk beraktivitas, dan juga menyulitkan warga untuk mengangkut hasil taninya.

“Bade iraha atuh di dangdosan na, meni tos lami jalan na rusak,” kata dia.

Selain itu, jalan yang berlubang itu berpotensi mengakibatkan kecelakaan apalagi saat turun hujan, lubang-lubang besar jadi tidak terlihat karena tertutup oleh air.

“Takutnya kalau hujan, jalan ini kan rawan kecelakaan,” kata dia.

Warga Desa Sundamekar, Suyatna menilai, meski desa tersebut punya akses yang lebih efektip untuk menuju pusat perkotaan melalui jalan Dustan, tapi akses jalan yang melintasi Linggajaya tidak kalah penting.

“Ya jalan itu penting juga buat warga Desa Sundamekar, meskipun ada jalan lain untuk menempuh pusat perkotaan,” kata dia. (eri)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.