oleh

Warga Jatigede Kesulitan Air Bersih

JATIGEDE – Warga di sejumlah dusun di Desa Mekarasih, Kecamatan Jatigede mulai kesulitan air bersih. Kondisi ini mulai mereka rasakan setelah memasuki musim kemarau.

Kades Mekarasih, Cecep Suryana membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, kesulitan air sudah mulai dirasakan warganya karena air sumur dan sejumlah sumber mata air yang ada di Dusun Cibunut mulai mengering.

”Di Desa kami ada dua sumber mata air yang airnya bisa memenuhi kebutuhan keseharian warga. Jadi ketika dua sumber mata air ini kering warga dipastikan cemas karena dipastikan akan kesulitan air,” ujar Cecep, Kamis (11/7).

Cecep mengatakan, saat ini untuk penyediaan kebutuhan air, terutama warga Dusun Cibunut harus mengambil dari sumber mata air langsung dengan jarak sekitar 1.5 km.

”Airnya pun ya hanya sisa-sisa saja. Kalau tidak turun hujan (sumber mata air) pasti akan kering total,” katanya.

Lebih parah lagi, kata Cecep, saat ini sudah ada warga yang terpaksa membeli untuk penyediaan kebutuhan air untuk sehari-hari.

”Memang sudah ada warga yang membeli air. Kalau tidak salah satu toren berisi 500 liter seharga Rp100 ribu,” kata Cecep.

Dia menambahkan, setiap tahunnya di Desa Mekarasih kerap kesulitan air ketika memasuki musim kemarau. Upaya pemerintah desa yang pernah merehabilitasi kawasan sumber mata air belum maksimal.  Selain di Desa Mekarasih, kesulitan air juga dialami warga Dusun Cikandang, Desa Ciranggem.

”Ada sekitar tujuh RT yang mulai kesulitan air di Cikandang,” kata Kades Ciranggem, Karman Hermawan.

Hal serupa juga dialami warga di sejumlah desa di Kecamatan Jatinunggal. Kesulitan air dialami oleh warga Dusun Cijeruk dan Dusun Cijati, Desa Sirnasari. Kemudian di sebagian wilayah Desa Sukamanah dan Desa Sarimekar.  “Sumber mata air sudah tidak ada. Sumur sudah sedikit airnya, kedalaman sumur juga sudah mencapai 15 meter,” ujar Kades Sirnasari, Ateng Ali.

Untuk memenuhi kebutuhan air, warga menimba dari sumur milik warga yang masih ada airnya. Akibatnya sulitnya air bersih aktivitas warga menjadi terkendala. Masyarakat cemas karena kemungkinan kekeringan akan terus terjadi jika tak turun hujan. (nsa/ign)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed