oleh

Warga Jatigede Minta Difasilitasi

SUMEDANG – Warga di pesisir Waduk Jatigede meminta pemerintah untuk bijak dalam mengelola kawasan pesisir waduk. Seperti di Desa Sukamenak Kecamatan Darmaraja merupakan salah satu kawasan yang ada pesisir Waduk Jatigede. Hal itu, tentu saja menjadi peluang untuk warga sekitar mengolah kawasan tersebut jadi destinasi wisata.

Kepala Desa Sukamenak, Wawat Suwati menyebutkan, kondisi perekonomian masyarakat desa tersebut saat ini masih dalam keadaan terpuruk. Hal itu dipengaruhi oleh anjloknya mental masyarakat pasca perpindahan beberapa tahun silam. Sehingga masyarakat tidak mampu berinovasi membuat celah-celah untuk mendapatkan penghasilan yang halal.

“Kalau peluang banyak, tapi kita terhambat oleh sarana penunjangnya,” kata dia.

Dalam hal ini, masyarakat sulit untuk berkembang karena tertekan oleh perasaan dilematis. Seperti halnya sekarang ini, kemampuan masyarakat untuk berinovasi dan mengembangkan kreatifitasnya tersandung oleh tempat.

Wawat menggambarkan, sebagaian warga punya kemampuan untuk memelihara ternak. Namun, niat mereka itu kandas saat tempat untuk kadang jadi kendala.

Oleh sebab itu, mereka berharap ada kebijakan dari pemerintah untuk memanfaatkan areal Waduk Jatigede yang kemungkinan tidak akan tergenang untuk dijadikan kawasan atau komplek ternak.

“Ya kalau ada izin dari pemerintah untuk memanfaatkan areal genangan yang kemungkinan tidak akan tergenang, mungkin banyak warga yang mau memelihara ternak,” katanya lagi.

Lebih jauhnya, komplek ternak tersebut bisa dikolaborasikan dengan wisata air Waduk Jatigede. Menurutnya, hal itu akan  terlihat menarik, apalagi dikonsep dengan serius. “Saya yakin kalau komplek ternak itu berdampingan dengan wisata air waduk, tentu akan lebih menarik,” ucapnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed