oleh

Warga Kecewa Rutilahu Provinsi Tidak Cair

KOTA – Masyarakat penerima bantuan Rutilahu (rumah tinggal layak huni) dari Provinsi Jawa Barat, tampaknya harus gigit jari. Pasalnya, bantuan tersebut dipastikan tidak akan bisa cair tahun ini.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BPMPGKBPP) Kabupaten Sumedang, Endi Ruslan mengatakan, awalnya bantuan tersebut dianggarkan dari perubahan 2015. “Namun hingga kini tidak cair-cair, padahal tahun 2015 tinggal beberapa hari lagi,” kata Endi kepada Sumedang Ekspres, Selasa (15/12).

Menurut Endi untuk tahun 2016 pun, dana tersebut akan sulit cair. Masalahnya, untuk tahun 2016 Pemerintah Provinsi Jawa Barat, akan lebih focus ke infrastruktur untuk pelaksanaan PON. Berkas permohonan rutilahu dari provinsi ini, sebelumnya memang masuk ke BPMPDKBPP.

“Namun, kami di sini hanya memfasilitasi saja. Akan tetapi keputusan ada di provinsi,” ujarnya.

Endi menjelaskan, untuk Sumedang berdasarkan data yang ada di BPMPDKBPP, ada 141 desa yang mengajukan permohonan perbaikan rutilahu. “Untuk satu desa diajukan 20 rumah, nilai bantuan Rp 10 juta per rumahnya,” katanya.

Beberapa desa yang mengajukan rutilahu ke provinsi mulai, kini mempertanyakan kelanjutan program tersebut. Pasalnya, bimbingan teknik telah dilaksanakan setahun yang lalu dan masyarakat sudah mulai bertanya-tanya. Apalagi, bantuan rutilahu dari Kempenpera sudah mulai cair. (her)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed