Warga Keruk Sungai Cipada

Peliput/Editor: asep herdiana/iman nurman

Warga Keruk Sungai Cipada

GOTONG ROYONG: Warga RW 5 Kelurahan Regol Wetan, dipimpin Lurah, Yayat Ruhiyat, melakukan pembersihan Sungai Cipada, Kamis 15/10). FOTO: ASEP HERDIANA/SUMEKS

KOTA- Menjelang musim penghujan, masyakat mulai melakukan persiapan dengan upaya mengantisipasi luapan air sungai atau pun irigasi di sekitar pemukimannya. Salah satunya yang dilakukan oleh jajaran Kelurahan Regol Wetan bersama masyarakatnya yaitu melakukan pengerukan di aliran sungai serta selokan.

Lurah Regol Wetan, Yayat Ruhiyat S.Stp mengatakan, dalam kondisi normal saja Sungai Cipada sering meluap dan menyebabkan banjir, terutama di sekitar Lingkungan Gang Ojon RW 05 Kelurahan Regolwetan.

“Masyarakat merasa khawatir ketika datang musim penghujan tahun ini, akan terjadi luapan banjir yang lebih besar dari sebelumnya. Karena dengan kondisi sungai sekarang yang mengalami pendangkalan atau sedimentasi sekitar kurang lebih 50 cm,“ katanya.
Kelurahan beserta ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat  dan ketua RT 05, kata dia, berinisiatif untuk melaksanakan pengerukan Sungai Cipada, guna menormalisasi sungai tersebut sebelum datangnya musim penghujan.

“Setelah koordinasi dengan pihak RSU, kegiatan pengerukan ini mendapatkan dukungan penuh dari Direktur RSU Sumedang berupa biaya pembelian peralatan dan akomodasi lainnya,“ lanjutnya.

Lebih  lanjut, lurah yang pernah menjabat Kasi Tibum Pol PP Sumedang itu menjelaskan, keberadaan Sungai Cipada dinilai sangat vital bagi RSUD Sumedang. Sebab  saluran pembuangan IPAL RSUD berakhir di Sungai Cipada. Ditambah lagi proyek pembangunan gedung perawatan 8 lantai juga tanpa sengaja telah berkontribusi dalam pendangkalan sungai.
Karena air proyek yang mengandung lumpur dibuang ke Sungai Cipada. ”Kegiatan pengerukan Sungai Cipada dimulai dari sekitar RSU, Lingkungan Gang Ojon, sampai dengan muara di Sungai Cileuleuy,“ katanya.

Ia berharap kegiatan seperti ini bisa rutin dilaksanakan setiap tahun. Karena proses sedimentasi pasti akan terus berproses setiap tahunnya.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak RSU yang telah mendukung penuh kegiatan ini, juga kepada masyarakat RW yang telah membantu,“ kata Lurah. (her)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js