Warga Minta Pelayanan e-KTP Dipermudah

Peliput/Editor: HERI PURNAMA/SUMEKS

Warga Minta Pelayanan e-KTP Dipermudah

DOK.SUMEKS REKAM KTP: Petugas kecamatan saat perekaman E-KTP salah seorang warganya, belum lama ini.(HERI PURNAMA/SUMEKS)

SUMEDANG – Beberapa aparatur desa di Kecamatan Darmaraja meminta pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) lebih dipermudah. Sebab, selama ini warga masih saja merasa kesulitan untuk membuat KTP, meski dibantu oleh desa terkadang jarak menjadi salah satu faktor sulitnya untuk pembuatan KTP tersebut.

Ketua Apdesi Kecamatan Darmaraja, Oo Somantri, menyebutkan, terkadang ada masyarakat yang tidak paham dengan pembuatan KTP. Oleh sebab itu pihaknya mengandalkan kepada pihak desa untuk pembuatan KTP tersebut. Namun untuk hal itu desa juga sering kali mengalami keterbatasan biaya operasional dan waktu untuk membuatnya, apalagi kalau hanya satu pemohon.

“Biasanya kalau desa dimintai bantuan oleh warga untuk pembuatan KTP, kita harus nunggu warga yang lainnya dulu yang mau membuat KTP, agar pembuatannya tidak nanggung,” kata dia, saat diwawancarai di Darmaraja, belum lama ini.

Oleh sebab itu, pihaknya menilai, sarana pembuatan KTP harus lebih dipermudah oleh pemerintah. Meskipun tidak setiap kecamatan memiliki sarana pencetakan KTP, minimalnya ada di tiap wilayah.

Dia mencontohkan, misalkan wilayah timur Sumedang mencakup Kecamatan Situraja, Cisitu, Darmaraja, di tiga kecamatan itu disediakan satu unit alat pencetakan KTP beserta petugasnya. Lalu untuk wilayah Kecamatan Wado Jatinunggal dan Cibugel juga disediakan sarana tersebut di satu kecamatan.

“Ya meskipun tidak di tiap Kecamatan, minimalnya di per wilayah ada alat yang bisa digunakan untuk pencetakan KTP,” kata dia.
Dia menilai, dengan adanya fasilitas tersebut, maka pemerintah desa akan semakin mudah memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakatnya.

“Mudah-mudahan di masa kepemimpinan baru ini, ada perhatian terhadap kondisi pelayanan publik lebih baik lagi,” ucapnya. (eri)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.