oleh

Warga Upayakan Pencegahan Bencana Susulan

SURIAN – Warga Desa Wanasari Kecamatan Surian terus berupaya mencegah adanya banjir dan longsor susulan di wilayahnya. Mereka melakukan kerjabakti dengan membuat boronjong di sekitar jembatan Cibodas untuk menahan laju air agar tidak langsung terkena badan jembatan.

“Pembuatan boronjong dilakukan di dua titik. Yang pertama telah selesai pada Selasa (20/2). Untuk satu titik lagi sedang dikerjakan hari ini,” ujar Camat Surian Drs Bahrudin MSi saat dikonfirmasi Sumeks, kemarin (21/2).

Bahrudin menuturkan, tidak hanya di Jembatan Cibodas saja, warga juga mengupayakan pencegahan adanya longsor di jalan kabupaten Cisumur-Hariang, atau jalan penghubung antara Desa Wanasari dan Desa Pamekarsari. Tepatnya, di Blok Babakankadu, perbatasan Desa Pamekarsari dan Desa Wanasari.

“Warga melakukan kerjabakti dengan melebarkan akses jalan tersebut. Hal itu dilakukan untuk mencegah adanya longsor yang mengenai badan jalan,” terangnya.

Dikatakan, semuanya dilakukan dengan swadaya murni warga, agar jembatan dan jalan tidak mengalami kerusakan lebih parah. Semua unsur terlibat dalam kerjabakti ini. Diantaranya, unsur kepolisian, babinsa, pemerintah kecamatan, pemerintah desa, pemuda dan warga sendiri.

“Mereka menginginkan jalan bisa dilalui untuk mempermudah akses di jalan tersebut,” paparnya.
Mengingat musim hujan masih panjang, Bahrudin mengharapkan warga selalu waspada dan berhati-hati. “Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tukasnya. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed