Wujudkan Kemandirian Ketahanan Pangan

Wujudkan Kemandirian Ketahanan Pangan

IST PAMERAN: Bupati Eka Setiawan didampingi istrinya dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang, Yosep Suhayat melihat stan pameran hasil pangan beberapa waktu lalu.

PEWARTA: Asep Herdiana/Usep Adiwihanda

KOTA – Sesuai Review Rencana Strategis Tahun 2017, kini visi misi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang, yakni Kemandirian Pangan yang Berwawasan Agribisnis Tahun 2018. Makna dari misi terwujudnya Kemandirian Pangan, bermakna bahwa pembangunan dalam sektor pertanian, perkebunan dan ketahanan pangan di Kabupaten Sumedang.

Seperti diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang, Yosep Suhayat, bahwa keinginan diwujudkan sebagai tulang punggung perekonomian dan basis potensi daerah dalam rangka agribsinis dan kemandirian pangan. Sehingga diharapkan, mampu menjadi penghela laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sumedang.

“Itu dalam rangka memacu dan menuju masyarakat sejahtera yang ditandai dengan adanya peningkatan pendapatan petani dan pekebun,” kata Yosep.

Menurutnya, penjelasan dari Terwujudnya Kemandirian Pangan, karena pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk pertanian, baik yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia. Termasuk, bahan tambahan pangan, bahan baku pangan, dan bahan lainnya yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dan pembuatan makanan atau minuman.

“Kemandirian Pangan adalah kemampuan negara dan bangsa dalam memproduksi pangan yang beranekaragam dari dalam negeri yang dapat menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang cukup sampai di tingkat perseorangan dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam, manusia, sosial, ekonomi, dan kearifan lokal secara bermartabat,” terangnya.

Lebih lanjut, ketersediaan pangan merupakan subsitem dalam Sistem Ketahanan Pangan. Adapun definisi Ketahanan Pangan sesuai Undang-undang Nomor 7 Tahun 1996, adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup. Baik dalam jumlah dan mutunya maupun keamanan dan tingkat pemerataannya yang terjangkau oleh daya beli masyarakat. Begitu juga, perwujudan Ketahanan Pangan merupakan salah satu prioritas. (her)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.