Wujudkan Sumedang Digital Region **Bebas Berinternet Tahun 2020

Wujudkan Sumedang Digital Region  **Bebas Berinternet Tahun 2020

IKUTI WORKSHOP: Peserta Workshop antusias mendengarkan paparan tentang teknologi digital dari narasumber yang bertajuk "Transformasi Digital menuju Sumedang Digital Region" di Gedung Negara Sumedang, Kamis (11/7). (ASEP NURDIN/SUMEKS).

PEWARTA: ASEP NURDIN

KOTA – Upaya mewujudkan Sumedang menjadi kabupaten berbasis teknologi, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, menggelar Workshop tentang teknologi digital di Gedung Negara Sumedang, Kamis (11/7).

Kegiatan yang bertajuk “Transformasi Digital menuju Sumedang Digital Region” itu, diikuti sekitar 200-an unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Acara ini merupakan wadah untuk menyelesaikan permasalahan global, yang menghambat pembangunan berkelanjutan,” kata Sekretaris Daerah Kabupten Sumedang, Herman Suryatman di Gedung Negara.

Sehingga, kata dia, workshop tersebut menjadi upaya dan solusi cerdas dalam mewujudkan Kabupaten Sumedang yang aman dan nyaman bagi masyarakatnya.

“Karena kami sebagai ASN, dituntut harus mampu meningkatkan layanan publik, menciptakan pemerintahan yang lebih baik, mencerdaskan masyarakat serta mengelola dan mengembangkan potensi SDM di Kabupaten Sumedang,” katanya.

Untuk mendukung ke arah itu, sejak jauh-jauh hari, Pemkab Sumedang sudah memiliki program Sumedang bebas berinternet pada Tahun 2020. “Kita telah membangun 70 stasion WiFi gratis di tempat-tempat strategis,” terangnya.

Bahkan kedepan, jumlah stasion WiFi gratis  itu akan terus ditambah di berbagai titik hingga pelosok desa. “Begitu pula dengan infrastruktur fiber optic sudah menjangkau semua SKPD dan kecamatan hingga desa,” tuturnya.

Dengan begitu,  pada Tahun 2020 mendatang, Kabupaten Sumedang akan menjadi kawasan teknologi yang menempati peringkat 10 besar, dengan akuntabilitas kinerja peringkat ke-1 pada Tahun 2021.

Di tempat sama, Kepala Diskipas Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri S mengatakan, kegiatan tersebut sebagai akselerasi pembangunan yang berbasis digital menuju terwujudnya Sumedang Digital Region.

“Kita ingin menjadikan Sumedang yang lebih cerdas, aman dan efisien, mendorong terciptanya pekerjaan dengan nilai yang lebih tinggi,” katanya.

Dengan begitu, secara otomatis akan berimbas terhadap meningkatnya pendapatan masyarakat. Dan sebagai narasumber, panitia acara menghadirkan Prof. Agus W Soehadi, Ph.D dan Prof. Dr. Ir. Marsudi W. Kisworo dari Universitas Prasetiya Mulya. (nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.