Sumedang Ekspres

Bacaan Utama Warga Sumedang

Ketua DPD PKS Sumedang Yana Flandriana

Yana: New Normal Harus Dikaji Secara Matang

SUMEDANGEKSPRES.COM – Ketua DPD PKS Sumedang Yana Flandriana menyampaikan pendapatnya terkait akan diberlakukannya wacana ‘New Normal’ di Kabupaten Sumedang.

Menurutnya, saat ini, pandemi Covid 19 di Indonesia, masih belum menurun. Atau, masih belum mencapai puncaknya.

Dikatakan, walaupun di Kabupaten Sumedang ditetapkan oleh Gubernur Jawa Barat masuk dalam Zona Biru atau Kategori 2, namun hal ini jangan juga akhirnya membuat pemerintah dan masyarakat menjadi terlena.

“Upaya pelonggaran atau relaksasi PSBB sebaiknya berdasarkan kajian yang betul-betul matang, berdasarkan data yang valid serta melihat karakter di masyarakat,” ujar Yana ketika dimintai pendapatnya, Rabu (27/5).

Dijelaskan, sekarang ini pemerintah mewacanakan ‘New Normal’ saat situasi dan kondisi belum sepenuhnya dapat dikendalikan. Ditegaskannya, apabila ‘New Normal’ ini jadi diterapkan di masyarakat, maka kunci pentingnya adalah pengendalian dan disiplin semua pihak. Baik pemerintah ataupun masyarakat.

“Disiplin terhadap seluruh protokol kesehatan yang ada maupun kemampuan pemerintah dalam disiplin penegakan/pengendalian aturan yang akan diberlakukan,” tukasnya.

Karena, lanjut Yana, jangan sampai dengan wacana ‘New Normal’ ini nantinya bukan menurunkan penyebaran penularan covid-19, namun malah semakin meningkatkan penyebaran penularan covid-19. “Seperti dengan memunculkan cluster-cluster baru dan transmisi lokal,” tuturnya.

Ditegaskan, jadi pemerintah (termasuk pemerintah daerah, red) harus benar dan berhati-hati dalam penerapan wacana ‘New Normal’ ini. Utamakan juga sinergitas dengan semua lembaga dan stakeholder yang ada.

“Jangan sampai salah mengambil kebijakan yang malah nantinya akan menjadi boomerang bagi kita semua,” tutupnya. (atp)