oleh

Yuyu Lolos dari Terjangan Longsor, Kadus: Beruntung yang Punya Rumah Belum Tidur

CONGGEANG – Hujan dengan intensitas tinggi selama 2 jam di wilayah Kecamatan Conggeang menyebabkan sebuah Tembok Penahan Tebing (TPT) di Kampung Cipatat Dusun Cibodas RT 010 RW 008 Desa Conggeang Kulon Kecamatan Conggeang mengalami ambruk.

Peristiwa ambruknya TPT terjadi pada Rabu (25/3) sekitar pukul 19.30 saat hujan deras.

“Bangunan TPT tersebut milik Jayadi yang berfungsi untuk menahan tanah dan bangunan rumahnya,” ujar Kapolres Sumedang AKBP Dwi Indra Laksamana melalui Kapolsek Conggeang AKP Jeje Heryanto.

Dikatakan, TPT sepanjang kurang lebih 10 meter dengan ketinggian kurang lebih dua meter menimpa bangunan rumah milik Yuyu Wahyudin. Rumah Yuyu sendiri berada tepat di bagian bawah TPT milik Jayadi. Atau, TPT dibangun tepat di sebelah bagian atas rumah korban Yuyu.

“Kejadian ambruknya TPT mengakibatkan kerusakan pada bangunan rumah korban Yuyu, terutama pada dua bagian kamar tidur,” tandasnya.

Jeje menuturkan, beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa ataupun luka. Sementara, untuk kerugian diperkirakan mencapai Rp 10 juta.

“Keluarga korban saat ini diungsikan ke rumah paman korban Sadi, masih di sekitar lokasi kejadian, Dusun Ciputat RT 010 RW 008 Desa Conggeang Kulon,” paparnya.

Adapun yang mendatangi lokasi tempat ambruknya TPT antara lain Danramil 1007 Conggeang Kapten Inf Dede Baharudin, Kanit Sabhara Polaek Conggeang Aiptu Hadi Susanto, Babinsa, Bhabinkamtibmas, aparatur Kecamatan Conggeang, Satpol PP beserta aparatur Desa Conggeang Kulon.

Sementara itu, Kepala Dusun Cibodas Memed mengatakan TPT ambruk menimpa dinding kamar. Kemudian, material TPT yang terdiri dari pasir dan batu menimbun seisi kamar yang terdiri dari kasur, tempat tidur dan lemari.

“Para penghuni rumah masih dalam keadaan bangun, sehingga bisa terhindar dari timbunan material,” helas Memed.

Dijelaskan, material longsor berhasil dibersihkan oleh unsur UPT Damkar Conggeang, TNI – Polri, Muspika dan dibantu warga.

“Kami bergotong royong membersihkan material yang menimbun rumah korban Yuyu,” pungkasnya. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed