Zulkifli: Dibawah UMK Tak Tahu Aturan

Zulkifli: Dibawah UMK Tak Tahu Aturan

PERIKSA: Anggota Komisi A DPRD Sumedang Zulkifli M Ridwan saat memeriksa data terkait hak-hak yang harus diterima oleh karyawan.

PEWARTA: SOBAR BAHTIAR/SUMEKS

KOTA – Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Sumedang Zulkifli M Ridwan melakukan sidak kepada salah satu perusahaan Beton Readymix PT Unggul Sejati Indonesia yang berada di Kecamatan Cimalaka

Sidak dilakukan setelah sebelumnya politisi Hanura tersebut menerima keluhan warga yang bekerja di perusahaan itu terkait gaji yang dinilai tidak sesuai dengan UMK Sumedang saat ini.

“Pertama ada laporan bahwa gaji disana dibawah UMK. Mereka hanya dibayar Rp35 ribu uang makan per hari dan gaji pokok Rp1 juta. Seharusnya mereka dibayar sejumlah UMK Sumedang, yaitu Rp 2.463.461. Dan jumlah tersebut kalau terhitung hari kerja itu dari Senin sampai Jumat. Karena Sabtu Minggu masuk lembur,” kata Zulkifli kepada sejumlah wartawan, Senin (20/11).

Walau pun dalam sidak tersebut salah satu karyawannya mengatakan bahwa jumlah gaji yang ditawarkan perusahaan tersebut terlebih dahulu disampaikan, tetap saja menyalahi aturan.

“Iya, walaupun sebelumnya pihak perusahaan sudah ada kesepakatan dengan karyawan terkait gaji. Selama tidak sesuai dengan UMK itu tetap menyalahi aturan,” ujarnya.

Sementara itu, lanjut Zulkifli, seharusnya bila perusahaan belum menyanggupi gaji sesuai UMK, harus membuat surat menangguhkan UMK yang ditujukan kepada Dinas Ketenagakerjaan provinsi Jawa Barat.

“Karena kewenangannya untuk masalah upah, sekarangkan ada di provinsi untuk ketenaga kerjaan,” sebut Zulkifli.

Oleh sebab itu, Zulkifli menyarankan agar perusahaan yang memiliki karyawan sebanyak 22 orang tersebut bisa segera membuat surat penangguhan UMK.

“Sudah 40 perusahaan di Sumedang yang kirim surat ke provinsi untuk penangguhan UMK. Dan memang harus seperti itu, kalau gaji tidak sesuai dengan UMK, itu ilegal karena tidak ada aturan yang dipenuhi,” tuturnya. (bay)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.